MENJADI KUNCI PEMBUKA KEBAIKAN

:white_check_mark:

:bouquet:Hendaknya seorang muslim bersemangat dalam hidupnya untuk meraih kebahagiaan. Diantara kebahagiaan yang hakiki adalah keselamatannya di dunia dan akhirat. Jalan yang paling cepat untuk mendapatkan kebahagiaan di dunia dan akhirat adalah dengan menjadi kunci pembuka kebaikan bagi orang lain. Untuk menjadi kunci pembuka pintu kebaikan mari kita renungkan hadits berikut:

عنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ: إِنَّ مِنَ النَّاسِ مَفَاتِيْحَ لِلْخَيْرِ مَغَالِيْقَ لِلشَّرِّ, وَإِنَّ مِنَ النَّاسِ مَفَاتِيْحَ لِلشَّرِّ مَغَالِيْقَ لِلْخَيْرِ, فَطُوْبَى لِمَنْ جَعَلَ اللهُ مَفَاتِيْحَ الْخَيْرِ عَلَى يَدَيْهِ, وَوَيْلٌ لِمَنْ جَعَلَ اللهُ مَفَاتِيْحَ الشَّرِّ عَلَى يَدَيْهِ

Dari Anas bin Malik berkata: Rasulullah bersabda: "Sesungguhnya diantara manusia ada yang menjadi pembuka kebaikan dan penutup kejelekan, dan diantara manusia juga ada yang menjadi pembuka kejelekan dan penutup kebaikan. Maka berbahagialah seorang yang dikaruniai Allah kunci kebaikan baginya dan celakalah orang yang diberi kunci kejelekan untuknya. (HR. Ibnu Majah: 237 dan dihasankan al-Albani dalam ash-Shahihah: 1332)

:pushpin:Agar kita dapat menjadi kunci kebaikan bagi kaum muslimin atau masyarakat secara umum. Ada beberapa hal yang perlu kita lakukan, diantaranya, meningkatkan kapasitas dan kredibilitas diri, mengambil peranan (memiliki eksistensi) dalam masyarakat, memberikan kontribusi yang terbaik bagi kaum muslimin.

☄ Secara ringkas bagi siapa saja yang ingin menjadi kunci pembuka kebaikan dan penutup kejelekan, maka hendaknya dia mengamalkan beberapa kiat berikut :

:one: Ikhlas hanya untuk Allah dalam segala ucapan dan perbuatan

:two: Selalu berdoa agar Allah memudahkan hal itu

:three: Bersemangat dalam menuntut ilmu

:four: Aktif beribadah kepada Allah, terutama sholat

:five: Berhias diri dengan akhlak yang indah

:six: Bersahabat dengan orang-orang shalih

:seven: Menganjurkan orang lain berbuat baik dan mencegah mereka dari kejelekan

:eight: Mengingat kedahsyatan hari pembalasan

:nine: Kunci semua itu adalah semangat yang kuat, dan meminta pertolongan kepada Allah. (Al-Fawaid al-Mantsurah: Khuthob wa Nashoih, Kalimat wa Maqolat, Abdur Rozzaq bin Abdul Muhsin al-Abbad hal. 161-162).

:white_check_mark:Ingatlah bahwa tidak mudah untuk menjadi pembuka kunci kebaikan, mita sebagai manusia hanya berusaha, dan manusia yang terbaik adalah yang paling bermanfaat bagi yang  lainnya. Rasulullah bersabda,

خير الناس أنفعهم للناس

“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat untuk manusia.” [HR Thabraniy dan dihasankan oleh Syaikh Al-Albani  dalam Ash-Shahihah (no 426)]

:revolving_hearts:Jika pengharapan telah tegak, niat yang benar dan tekad yang kuat disertai dengan memohon pertolongan AllahTa’ala pada semua urusan serta menempatkan segala sesuatu pada posisinya insyaa Allah  Ta’ala  seorang hamba akan menjadi kunci-kunci pembuka kebaikan sekaligus penutup kejahatan. 
Wallahu Ta’ala ‘Alam.

✍🏻Oleh: *Saryanto Abu Ruwaifi' hafizhahullah*
===============
:bookmark: Published by:
Grub SILSILAH MANHAJ SALAF
:globe_with_meridians: Internet:arrow_heading_down:
https://www.silsilahmanhajsalaf.com/?m=1
:phone: Join Grub Whatsapp:arrow_heading_down:
0853-2646-1707
:video_camera: Youtube:arrow_heading_down:
Silsilahmanhajsalaf
🖥 Instagram:arrow_heading_down:
@https://instagram.com/silsilah_manhaj_salaf/
:iphone: Facebook Fanspage:arrow_heading_down:
http://bit.ly/2TGbiJw
:computer: Telegram:arrow_heading_down:
https://t.me/silsilahmanhajsalaf
:bookmark::gem::bookmark::gem::bookmark::gem::bookmark::gem::bookmark::gem: