KEBERHASILAN YANG TERTUNDA

:money_with_wings::maple_leaf:

:maple_leaf:Hidup tak selamanya senyaman yg dikira, hamparan pasir putih di pantai seolah sejuk merona.

:revolving_hearts:Ia mempesona setiap pandangan yg tertuju, itulah pesona kehidupan dunia.

:fire:Tidaklah mungkin aku kan lama, tak seharusnya pun kau menjadi tamak.

:sunrise:Tidak seharusnya engkau memamerkan keberhasilanmu, daganganmu, dan hartamu. Setiap kali amalmu kau lakukan secara sembunyi2 maka hal itu lebih dekat kepada keikhlasan dan semakin jauh dari penyakit hati berupa riya’ (memperlihatkan amal supaya dipuji), sum’ah (memperdengarkan suara dalam beramal shalih agar dipuji), dan mencari kedudukan / jabatan dan penyakit yang semisalnya.

:open_file_folder: Abu Hurairah radiyallahu ‘anhu berkata dari Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam (bersabda),

وَرَجُلٌ تَصَدَّقَ بِصَدَقَةٍ فَأَخْفَاهَا حَتَّى لَا تَعْلَمَ شِمَالُهُ مَا صَنَعَتْ يَمِينُهُ

_“Dan seseorang yang bershadaqah lalu ia menyembunyikannya, hingga tangan kirinya tak mengetahui apa yang dilakukan tangan kanannya”_ (HR. Bukhari)

:scroll:Dan Firman Allah :

إِنْ تُبْدُوا الصَّدَقَاتِ فَنِعِمَّا هِيَ ۖ وَإِنْ تُخْفُوهَا وَتُؤْتُوهَا الْفُقَرَاءَ فَهُوَ خَيْرٌ لَكُمْ

_”Jika kalian menampakkan sedekah(kalian), maka itu adalah baik sekali. Dan jika kalian menyembunyikannya dan kalian berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagi kalian”_ (Al-Baqarah : 271).

:boom:Namun bisa jadi orang lain malah tidak mensyukuri rizkinya, tidak mengaplikasikan sifat qona'ahnya, dan menumbuhkan hasad pada dirimu. Maka berhati-hatilah kamu.

:bouquet:Wahai saudaraku, maka, jika engkau hari ini "sukses" dalam konteks dunia, cukup engkau yang tahu. Dan wujudkan syukurmu dalam bentuk semakin dekat kepada Robb-mu. Sebab kesuksesan pada dirimu adalah bentuk ketaatan dalam ketakwaan, dan merupakan bentuk kesempurnaan ikhlas yg terlancar dari hatimu.

:rose:Berkata Syaikh Ibnu ‘Utsaimin rahimahullah, “Termasuk kesempurnaan ikhlas adalah seseorang bersemangat agar tidak ada orang yang melihat ibadahnya dan agar ibadahnya kepada Rabbnya tidak diketahui manusia, kecuali jika menampakkannya ada kemaslahatan bagi kaum muslimin atau bagi Islam, seperti jika seseorang itu statusnya sebagai pemimpin yang diikuti dan ia ingin menunjukkan ibadahnya kepada manusia agar mereka mengambilnya sebagai contoh bagaimana melakukan ibadah tersebut, atau ia menampakkan ibadah dengan tujuan ingin dicontoh oleh teman, pengiring, dan sahabat-sahabatnya, maka dalam hal ini ada kebaikan. Maslahat-maslahat yang memang layak untuk dipilih tersebut, terkadang lebih utama dan lebih tinggi dari maslahat menyembunyikan amal, oleh karena itulah Allah ‘Azza Wa Jalla memuji orang-orang yang berinfak dengan sembunyi-sembunyi dan terang-terangan juga.

:maple_leaf:Jika memang sembunyi-sembunyi itu lebih maslahat, lebih bermanfaat bagi hati, dan lebih khusyu’ serta lebih bisa kembali kepada Allah, maka mereka menyembunyikannya, sedangkan jika menampakkan amal ada maslahatnya bagi Islam dalam bentuk nampak semarak syariat-Nya (diterapkan) dan bagi kaum muslimin bisa mencontohnya, maka mereka akan menampakannya. Seorang mukmin hendaklah melihat apa yang paling bermanfaat (baginya), kapan saja sesuatu itu lebih bermaslahat dan lebih bermanfaat pengaruhnya dalam peribadatan, maka hal itu lebih sempurna dan lebih utama”(Majmu’ Fatawa dan Risalah Ibnul ‘Utsaimin : 3/165).

✍🏻Akhukum *Saryanto Abu Ruwaifi'*

🏷 *#Catatan Orang Pinggiran*

:house_with_garden: Bandungan, Kab. Semarang, Rabu malam, 12 September 2019 M, 21.54 WIB.
---------------
:loudspeaker: *Published By:*
:iphone: *Group Silsilah Manhaj Salaf Muslim & Muslimah.*
:globe_with_meridians: Official Website: https://www.silsilahmanhajsalaf.com/?m=1
:video_camera: Youtube Channel: https://bit.ly/2k08nzN
:postbox: *Telegram:* https://t.me/silsilahmanhajsalaf
:iphone:*Facebook Fanspage:* http://bit.ly/2TGbiJw
:calling: *Instagram:* instagram.com/silsilah_manhaj_salaf/
:globe_with_meridians: *Twitter:* https://twitter.com/silsilahmanhaj
:calling: *Join grup WA:* 085326461707
:loud_sound: *#Free for share*
:heavy_minus_sign::heavy_minus_sign::heavy_minus_sign: