Dakwah Ahlus Sunnah wal Jama'ah


Ahlus Sunnah wal Jama'ah memulai dakwah mereka dengan tauhid, sebab itulah prioritas dakwah para Nabi dan Rasul sebelumnya, mereka memulai dan mengakhiri dakwah mereka dengan tauhid, maka tidak akan berhasil dakwah tanpa diiringi dengan tauhid, suatu ibadah pun tidak akan diterima tanpa tauhid.*

Inilah metode dakwah Nabi shallallahu alaihi wa sallam, yaitu mendakwahkan ilmu tauhid dan keagungannya. Sebagaimana beliau memerintahkan Muadz Bin Jabal saat akan berdakwah ke Yaman agar mendakwahkan tauhid terlebih dahulu. Dari Ibnu Abbas radhiyallahu 'anhuma, beliau berkata :

لَمَّا بَعَثَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ وَسَلَّمَ مُعَاذَ بْنَ جَبَلٍ إِلَى الْيَمَنِ قَالَ لَهُ إِنَّكَ تَقْدُمُ عَلَى قَوْمٍ مِنْ أَهْلِ الْكِتَابِ فَلْيَكُنْ أَوَّلَ مَا تَدْعُوْهُمْ إِلَى أَنْ يُوَحِّدُوْا اللهَ تَعَالَى.

"Tatkala Nabi shollallahu 'alaihi wa 'ala alihi wa sallam mengutus Mu'adz bin Jabal ke Yaman beliau berkata kepadanya : "Sesungguhnya engkau akan mendatangi suatu kaum dari Ahli Kitab, maka hendaknya yang engkau dakwahkan di awal kali kepada mereka adalah untuk mentauhidkan Allah Ta'ala". (HR. Bukhary-Muslim)

Jika kita lihat dalam kehiduan sehari-hari misalnya, masih banyak praktek amalan kesyirikan yg dipoles dengan embel-embel wisata, dgn alasan menghidupkan kearifan budaya lokal untuk menarik wisatawan demi meraup keuntungan sebesar-besarnya. Dengan alasan itu pula dikaitkan dgn pembangunan, dll, namun bukankah itu syirik?, Allah Maha Kaya atas apa yg tidak kita punya. Jika karena beragama mengikuti nenek moyang, kita wajib bertanya nenek moyang mana yg wajib kita ikuti? Lah bagaimana jadinya kalau nenek moyang itu tidak pernah sholat, zakat, haji? Bagaimana pula jika nenek moyang itu adalah penghuni neraka?!. Lalu buat apa selama ini kita membaca Al Qur'an?!, Padahal ia adalah warisan dari neneka moyang kita yg shalih dan namanya disebut dalam Al Qur'an bahkan dijamin masuk surga, apa Al Qur'an itu hanya menjadu hiasan penghias lemari kaca semata, tak ada ilmu tadabbur terhadapnya?!. Atau kita hanya seekor keledai yg memanggul tumpukan kitab?! Lalu melemparnya ke belakang punggung?!.

Lihatlah dakwah Nabi Shallallahu alaihi wa sallam selama 13 tahun saat fase Makkah, prioritas dakwah beliau adalah Tauhid dan memurnikan Aqidah, inilah prioritas dakwah yg beliau mulai sejak mengemban amanah sebagai seorang Rasul. Selama di periode Makkah awal-awal dakwah, belum ada beban syariat ibadahpun turun (belum wajib puasa, zakat dan lain-lain, hal ini baru diwajibkan di Madinah)

Fokus saat itu adalah dakwah tauhid dan Aqidah, kewajiban yang baru ada saat itu adalah shalat, hal itupun turun di akhir fase mekkah, kondisi saat itupun shalatnya masih diperbolehkan berbicara bahkan boleh mendatangi shalat jamaah sambil mabuk. Jadi pada saat itu benar-benar dakwah ditokuskan kepada dakwah tauhid, iman dan aqidah.

Dan di akhir hayat Rasulullah shollallahu 'alaihi wa ala alihi wa sallam dalam keadaan sakit, beliau juga memperingatkan dari kesyirikan sebagaimana sabda beliau :

لَعَنَ اللهُ الْيَهُوْدَ وَالنَّصَارَىَ اتَّخَذُوْا قُبُوْرَ أَنْبِيَائِهِمْ مَسَاجِدَ

"Allah telah melaknat orang yahudi dan nashoro, mereka menjadikan kubur para nabi mereka sebagai masjid". (HSR.Bukhary-Muslim)

Kesimpulannya memang semua materi dakwah itu penting, tetapi yang tetap menjadi prioritas serta perhatian adalah dakwah tauhid. Belajar shalat bisa jadi sekali saja sudah paham dan dipraktekkan, tetapi belajar  tauhid itu seumur hidup karena tauhid terkait dengan keimanan dan amalan hati, semisal cinta, takut, berharap dan sebagainya.

✍🏻 Akhukum Fillah *Saryanto Abu Ruwaifi'* Hafizhahullahu
---------------
:loudspeaker: *Published By:*
:iphone: *Group Silsilah Manhaj Salaf Muslim & Muslimah.*
:globe_with_meridians: Official Website: https://www.silsilahmanhajsalaf.com/?m=1
:video_camera: Youtube Channel: https://bit.ly/2k08nzN
:postbox: *Telegram:* https://t.me/silsilahmanhajsalaf
:iphone:*Facebook Fanspage:* http://bit.ly/2TGbiJw
:calling: *Instagram:* instagram.com/silsilah_manhaj_salaf/
:globe_with_meridians: *Twitter:* https://twitter.com/silsilahmanhaj
:calling: *Join grup WA:* 085326461707
:loud_sound: *#Free for share*